Friday, November 9, 2007

Ayah...


Ayah ingin anak-anaknya punya lebih banyak kesempatandaripada dirinya, menghadapi lebih sedikit kesulitan,lebih tidak tergantung pada siapapun - dan (tapi)selalu membutuhkan kehadirannya.Ayah hanya menyuruhmu mengerjakan pekerjaan yang kamusukai.Ayah membiarkan kamu menang dalam permainan ketikakamu masih kecil, tapi dia tidak ingin kamumembiarkannya menang ketika kamu sudah besar.
Ayah tidak ada di album foto keluarga, karena dia yangselalu memotret.Ayah selalu tepat janji!Dia akan memegang janjinya untuk membantu seorangteman, meskipun ajakanmu untuk pergi memancingsebenarnya lebih menyenangkan.
Ayah mulai merencanakan hidupmu ketika tahu bahwaibumu hamil (mengandungmu) , tapi begitu kamu lahir,ia mulai membuat revisi.Ayah membantu membuat impianmu jadi kenyataan bahkandiapun bisa meyakinkanmu untuk melakukan hal-hal yangmustahil, seperti mengapung di atas air setelah iamelepaskanya.
Ayah mungkin tidak tahu jawaban segala sesuatu, tapiia membantu kamu mencarinya.Ayah mungkin tampak galak di matamu, tetapi di matateman-temanmu dia tampak lucu dan menyayangi.
Ayah lambat mendapat teman, tapi dia bersahabat seumurhidup Ayah benar-benar senang membantuseseorang... tapi ia sukar meminta bantuan.Ayah terlalu lama menunda untuk membawa mobil kebengkel, karena ia merasa dapat memperbaiki sendirisegalanya.
Ayah di dapur. Membuat memasak seperti penjelajahanilmiah.Dia punya rumus-rumus dan formula racikannya sendiri,dan hanya dia sendiri yang mengerti bagaimanamenyelesaikan persamaan-persamaan rumititu.Dan hasilnya?... .mmmmhhh..." tidak terlalumengecewakan" ^_~
Ayah akan sesumbar, bahwa dirinyalah satu- satunyadalam keluarga yang dapat memasak omelet telor rasa barbecue cheesy . *_~Ayah mungkin tidak pernah menyentuh sapu ketika masihmuda, tapi ia bisa belajar dengan cepat.Ayah sangat senang kalau seluruh keluarga berkumpuluntuk makan malam...walaupun harus makan dalamremangnya lilin karena lampu mati.Ayah paling tahu bagaimana mendorong ayunan cukuptinggi untuk membuatmu senang tapi tidak takut.Ayah akan memberimu tempat duduk terbaik denganmengangkatmu dibahunya, ketika pawai lewat.
Ayah tidak akan memanjakanmu ketika kamu sakit, tapiia tidak akan tidur semalaman. Siapa tahu kamumembutuhkannya.Ayah menganggap orang itu harus berdiri sendiri, jadidia tidak mau memberitahumu apa yang harus kamulakukan, tapi ia akan menyatakan rasatidak setujunya.Ayah percaya orang harus tepat waktu. karena itu diaselalu lebih awal menunggumu di depan rumah dengansepeda tuanya, untuk mengantarkanmu dihari pertamamasuk sekolah

AYAH ITU MURAH HATI.....Ia akan melupakan apa yang ia inginkan, agar bisamemberikan apa yang kamu butuhkan.... .Ia membiarkan orang-orangan sawahmu memakai sweaterkesayangannya. ....Ia membelikanmu lollipop merk baru yang kamu inginkan,dan ia akan menghabiskannya kalau kamu tidak suka.....Ia menghentikan apasaja yang sedang dikerjakannya,kalau kamu ingin bicara...Ia selalu berfikir dan bekerja keras untuk membayarspp mu tiap semester, meskipun kamu tidak pernahmembantunya menghitung berapa banyak kerutan didahinya....Bahkan dia akan senang hati mendengarkan nasehatmuuntuk menghentikan kebiasaan merokoknya.. ..

Ayah mengangkat beban berat dari bahumu denganmerengkuhkan tangannya disekeliling beban itu....Ayah akan berkata ,, tanyakan saja pada ibumu"Ketika ia ingin berkata ,,tidak"Ayah tidak pernah marah, tetapi mukanya akan sangatmerah padam ketika anak gadisnya menginap di rumahteman tanpa izin Dan diapun hampir tidak pernah marah,kecuali ketika anak lelakinya kepregok menghisap rokokdikamar mandi.Ayah mengatakan ,, tidak apa-apa mengambil sedikitresiko asal kamu sanggup kehilangan apa yang kamuharapkan"Pujian terbaik bagi seorang ayah adalah ketika diamelihatmu melakukan sesuatu persis seperti caranya....Ayah lebih bangga pada prestasimu, daripadaprestasinya sendiri....

Ayah hanya akan menyalamimu ketika pertama kali kamupergi merantau meningalkan rumah, karena kalau diasampai memeluk mungkin ia tidak akan pernah bisamelepaskannya.Ayah mengira seratus adalah tip..Seribu adalah uang saku..Gaji pertamamu terlalu besar untuknya...Ayah tidak suka meneteskan air mata ....ketika kamu lahir dan dia mendengar kamu menangisuntuk pertama kalinya,dia sangat senang sampai-sampaikeluar air dari matanya (ssst..tapisekali lagi ini bukan menangis)ketika kamu masih kecil, ia bisa memelukmu untukmengusir rasa takutmu...ketika kau mimpi akan dibunuhmonster... tapi.....ternyata dia bisa menangis dantidak bisa tidur sepanjang malam, ketika anak gadiskesayangannya di rantau tak memberi kabar selamahampir satu bulan.
Kalau tidak salah ayah pernah berkata :" kalau kauingin mendapatkan pedang yang tajam dan berkwalitastinggi, janganlah mencarinya dipasar apalagi tukangloak, tapi datang dan pesanlah langsung dari pandaibesinya. begitupun dengan cinta dan teman dalamhidupmu,jika kau ingin mendaptkan cinta sejatimukelak, maka minta dan pesanlah pada YangMenciptakannya"

Untuk masadepan anak lelakinya Ayah berpesan:,,jadilah lebih kuat dan tegar daripadaku, pilihlahibu untuk anak-anakmu kelak wanita yang lebih baikdari ibumu, berikan yang lebih baik untuk menantu dancucu-cucuku, daripada apa yang yang telah ku beripadamu"

Dan Untuk masa depan anak gadisnya ayah berpesan :"jangan cengeng meski kau seorang wanita, jadilahselalu bidadari kecilku dan bidadari terbaik untukayah anak-anakmu kelak! laki-laki yang lebih bisamelindungimu melebihi perlindungan Ayah, tapi janganpernah kau gantikan posisi Ayah di hatimu"

Ayah bersikeras,bahwa anak-anakmu kelak harus bersikaplebih baik daripada kamu dulu....Ayah bisa membuatmu percaya diri...karena ia percayapadamu...Ayah tidak mencoba menjadi yang terbaik, tapi diahanya mencoba melakukan yang terbaik....Dan terpenting adalah...Ayah tidak pernah menghalangimu untuk mencintai Allah,bahkan dia akan membentangkan seribu jalan agar kaudapat menggapai cintaNya, karena diapun mencintaimukarena cintaNya.

Jazakallah bil jannah untuk setiap peluh yang kauteteskan, untuk setiap kerut dahimu yang tak sempatkuhitung, untuk setiap jaga sepanjang malam ketika akusakit dan ketika kau merindukanku, untuk omeletbbqcheessy paling lezat sedunia, untuk tempat dudukterbaik di bahumu yang begitu kekar ketika aku inginmelihat pawai, untuk tetes "air mata laki-laki "yangbegitu mahal ketika kau khawatirkan aku, untukkepercayaanmu padaku, meski seringkali ku hianati.Tak akan pernah bisa terbalas segalanya, kecualidengan .......jazakallah bil jannah, " semoga Allahmengganti semuanya dengan syurga, semoga bisa kubayardengan syurga yang Allah beri, semoga...... .."Dan untuk semua yang sedang merindukan AyahTernyata ayah itu benar-benar MENAKJUBKAN- "The Wonder Of Dad"., Phillys Hobe




No comments: